Materi IPA KD 3.3 (Adaptasi dan Manfaat Mahluk Hidup)


RANGKUMAN MATERI IPA
TEMATIK KELAS 6

KD. 3.3
Menganalisis cara mahluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
A.   Penyesuaian diri tumbuhan
1.    Kantong Semar

Tanaman ini memiliki ujung daun berbentuk kantong. Dari dalam kantong mengeluarkan bau yang menarik serangga. Saat serangga datang, kantong semar akan menutup dan mengambil nitrogen dari tubuh serangga.
2.    Tumbuhan Venus

Tumbuhan ini juga pemakan serangga. Saat serangga menyentuh bulu-bulu daun, daun akan mengatup dan serangga dicerna untuk diambil nitrogennya.
3.    Kaktus

Tanaman ini hidup di tempat kering. Daunnya berbentuk jarum, batangnya tebal dan permukaannya berlapis lilin untuk mengurangi penguapan.
4.    Tumbuhan Raflesia

Bunga raflesia tidak memiliki klorofil, ia hidup sebagai parasit di tumbuhan lain. Bunga ini mengeluarkan bau busuk untuk menarik serangga sehingga membantu proses penyerbukan. Bunga raflesia juga memantulkan cahaya untuk memandu kedatangan serangga.
5.    Putri Malu

Tanaman ini akan mengatupkan daunnya jika disentuh. Duri-duri tajam akan terlihat untuk melindungi diri dari musuh.
6.    Mawar

Tanaman ini memiliki bentuk dan warna bunga yang menarik serangga. Mawar memiliki duri di batangnya untuk melindungi diri dari musuh.
7.    Teratai

Bunga ini hidup di permukaan air. Akarnya ada di dasar air. Batangnya berongga untuk membantu pernafasan. Daunnya lebar untuk mempercepat fotosintesis.

B.   Penyesuaian diri Hewan
1.    Cicak

Hewan ini memiliki kaki perekat untuk membantu merayap di dinding. Cicak memiliki kemampuan autotomi yaitu memutuskan ekornya. Tujuannya untuk mengelabuhi musuh.
2.    Itik

Hewan ini memiliki kaki berselaput untuk berjalan di lumpur dan berenang. Bulunya berlapis minyak, sehingga tidak basah ketika terkena air. Mulut itik berbentuk sudu untuk mencari makanan di air.
3.    Burung Hantu

Hewan ini memiliki penglihatan dan pendengaran yang tajam untuk berburu.
4.    Kelelawar

Memiliki kemampuan ekolokasi, yaitu kelelawar mengeluarkan bunyi frekuensi tinggi (ultrasonik) yang memantul kembali ketika mengenai benda. Dengan pantulan tersebut kelelawar bisa memperkirakan keadaan di sekitarnya.
5.    Bunglon

Hewan ini memiliki kemampuan mimikri yaitu merubah warna kulit sesuai lingkungan di sekitarnya. Bunglon juga memiliki lidah yang panjang untuk menangkap mangsa.
6.    Unta

Punuk unta berfungsi untuk menyimpan lemak sebagai cadangan makanan. Unta juga memiliki telapak kaki yang tebal untuk menahan panas, dan kaki yang panjang untuk berjalan di padang pasir.
7.    Cumi-cumi

Cumi-cumi mempunyai banyak pola warna tubuh untuk menarik mangsa. Ia juga bisa merubah warna sesuai lingkungan untuk menghindari pemangsa. Cumi-cumi mengeluarkan tinta saat terancam untuk melarikan diri.
8.    Siput

Hewan ini bertubuh lunak, saat terancam ia akan memasukkan tubuh ke dalam cangkang sebagai pertahanan diri.
9.    Kumbang

Kumbang memiliki sayap yang keras untuk mencegah pemangsa memakan tubuhnya.



Manfaat Hewan dan Tumbuhan bagi manusia

Hewan merupakan makhluk hidup
  yang banyak dimanfaatkan untuk keperluan hidup manusia. Hewan  dapat digunakan sebagai bahan pangan (makanan), sandang (pakaian), obat-obatan, perhiasan dan kerajinan, membantu pekerjaan manusia dan percobaan/penelitian. Berikut ini adalah contoh-contohnya.

A. Manfaat hewan bagi manusia
1.     Hewan sebagai bahan pangan (makanan), hewan-hewan yang biasa dijadikan bahan makanan terutama daging, susu, dan  telurnya misalnya ayam, kambing, sapi, domba, kerbau, burung
2.     Hewan sebagai bahan sandang (pakaian), bahan pakaian (baju, sepatu, sandal, ikat pinggang, tas) banyak yang diambil dari hewan tertentu seperti ulat sutera, kulit kambing, kulit kerbau, kulit sapi.
3.     Hewan sebagai bahan obat-obatan, misalnya cacing, kadal, biawak, ular, kelelawar dan sebagainya.
4.     Hewan sebagai bahan perhiasan dan kerajinan, misalnya ayam, angsa, ular, buaya, kerang, penyu, kupu-kupu, sapi, kerbau dan kambing.
5.     Hewan yang digunakan untuk membantu pekerjaan manusia, kuda, kerbau, sapi, anjing, keledai, unta, burung merpati, lumba-lumba, dan gajah.
6.     Hewan yang digunakan untuk percobaan/penelitian, misalnya kelinci, tikus, domba, monyet, lalat buah, nyamuk, dan marmut.

B. Manfaat Tumbuhan bagi Manusia
1.    Sebagai bahan makanan, banyak makanan dan sayuran yang kita makan berasal dari tumbuhan seperti padi, jagung, ketela pohon, ubi, buah-buahan dan sayuran.
2.    Sebagai bahan untuk membangun rumah dan perabot rumah tangga, tumbuhan tententu sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat bangunan, alat rumah tangga, perabot bahkan kendaraan.
3.    Bahan pembuat kain untuk keperluan membuat pakaian atau kain seperti rami, serat kayu tertentu.
4.    Bahan pembuat obat, tumbuhan seperti kunyit, brotowali, kumis kucing, sereh, sirih, jahe, temulawak, jambu batu, mengkudu, dan sebagainya.
5.    Sebagai penghasil oksigen, banyak tumbuhan di tanam di lingkungan sekitar, sehingga kita merasakan kesejukan yang ditimbulkan oleh oksigen dari tumbuhan yang berfotosintesis.
6.    Penyerap karbondioksida, udara yang mengandung karbondioksida  diserap oleh tumbuhan dalam proses fotosintesis sehingga udara  menjadi lebih segar.

C. Manfaat Hewan bagi lingkungan
1.    Menjaga keseimbangan lingkungan, diantara hewan ada yang pemakan tumbuhan dan ada pemakan hewan lain. Dalam satu ekosistem akan terjadi proses keseimbangan dimana hewan satu pemakan hewan lain seperti berkembangnya katak akan menghambat perkembangan nyamuk, berkembangnya tikus sawah akan terhambat jika populasi ular terjaga.
2.    Menjaga kesuburan tanah, hewan-hewan seperti cacing dan jangkrik selalu membuat lubang atau sarang di tanah sehingga oksigen akan mudah masuk ke dalam tanah akibatnya tanah semakin gembur dan menguntungkan bagi tumbuhan.
3.    Menghasilkan bahan penyubur tanaman berupa pupuk dari kotoran hewan

D. Manfaat Tumbuhan bagi lingkungan
1.    Tumbuhan sangat bermanfaat bagi lingkungan terutama sebagai penghasil oksigen dan menyerap karbondioksida.
2.    Sebagai bahan makanan bagi hewan dan manusia
3.    Tempat bersarang dan tempat hidup bagi hewan-hewan tertentu
4.    Mencegah longsor dan memelihara kemampuan tanah dalam menyerap air

0 Response to "Materi IPA KD 3.3 (Adaptasi dan Manfaat Mahluk Hidup)"

Posting Komentar